twitter


Wacana Ilmiah

Pengertian Wacana Ilmiah

Karya Ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. adapun pengertian lain tentang kara ilmiah dimana dikatakan bahwa karya ilmiah (scientific paper) adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Yang termasuk dalam wacana ilmiah adalah makalah, artikel, laporan praktikum, skripsi, tesis, dan disertasi.

Contoh Wacana Ilmiah
Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Wacana Non Ilmiah

Pengertian Wacana Non Ilmiah
Non Ilmiah (Fiksi) adalah Satu ciri yang pasti ada dalam tulisan fiksi adalah isinya yang berupa kisah rekaan. Kisah rekaan itu dalam praktik penulisannya juga tidak boleh dibuat sembarangan, unsur-unsur seperti penokohan, plot, konflik, klimaks, setting, dan sebagainya. Yang termasuk dalam wacana non ilmiah adalah anekdot, dongeng, hikayat, cerpen, novel, roman, dan naskah drama.

Contoh Wacana Non Ilmiah
Pulang Cepat (naskah drama)

Hujan deras mengguyur kota Jakarta, sehingga terjadi banjir dimana-mana. Ada seorang mahasiswa bernama Tri. Di saat yang lainnya terjebak hujan dan banjir, dia tetap datang ke kampus. Karena mahasiswa yang hadir hanya sedikit, akhirnya dia menemui dosen yang akan mengajarnya di Sekretariat Dosen.

Tri : Pak, nanti masuk kelas gak?
Dosen : Mahasiswa yang hadir ada berapa?
Tri : Cuma 4 orang pak.. (dosen pun tertawa mendengarnya)
Dosen : Kalau begitu kalian absen saja.

Kemudian Tri dan temannya mengisi absensi.

Tri : Pak, katanya hari ini mau bahas soal ya?
Dosen : Soalnya mana? ada yang bawa?
Tri : Gak ada yang bawa pak.. (sambil menggelengkan kepala) ada kisi-kisi atau latihan soal gak dari bapak?
Dosen : Nanti saya coba cari-cari dulu deh soalnya.
Tri : Jadi nanti bapak masuk kelas gak? (menanyakan lagi, karena pertanyaan sebelumnya belum dijawab)
Dosen : Ya dimaklumi saja deh.. karena mahasiswanya cuma sedikit, hari ini diliburkan saja.
Tri : Bearti hari ini boleh langsung pulang ya pak?
Dosen : (Kemudian dosen menganggukan kepala)

0 komentar:

Posting Komentar