twitter


MATERI
Keindahan Sebagai Suatu Kualitas Abstrak & Sebuah Benda Tertentu Yang Indah

Menurut cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beauty” (keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah).

Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kadang dicampuradukkan saja. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian; yakni
a. keindahan dalam arti luas
b. keindahan dalam arti estetis murni
c. keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan

Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adapt kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.

Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang dicerapnya. Sedang keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang dicerapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.


STUDI KASUS 

Ayo, Berenang dengan Sampah di Pulau Pramuka

Minggu, 28 November 2010 15:50 Penulis : Achmad Furqon
Sampah benar-benar menjadi ancaman kelangsungan wisata bahari di Kepulauan Seribu. Betapa tidak? sampah yang mengotori perairan Kepulauan Seribu belakangan ini menjadi biang kerok keengganan wisatawan menikmati kejernihan air laut di sejumlah pulau wisata di Kepulauan Seribu.
Seperti terlihat di pantai Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, akhir pekan ini. Tumpukan berbagai jenis sampah menghiasi pantai pulau yang juga sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu ini.
“Ayo, berenang dengan sampah di Pulau Pramuka,” celoteh Irma (26) salah seorang wisatawan yang kecewa kedatangannya berlibur ke Pulau Pramuka disambut dengan banyaknya sampah di bibir pantai pulau tersebut, Minggu (28/11).
Tak hanya Irma, sejumlah penyelam juga mengeluhkan tumpukan sampah yang mengotori karang. Mereka yang berharap akan menikmati keindahan bawah laut Pulau Pramuka hanya menemukan sampah-sampah plastik tersangkut di karang.
“Sangat prihatin, sampah itu bisa membuat kerusakan biota karang, kami berharap ada upaya untuk menanggulangi ini,” ujar Leonardo seorang wisatawan mancanegara yang juga mengaku sebagai peniliti ekosistem laut di Indonesia.
Lurah Pulau Panggang, Husnul Fauzi saat dihubungi beritapulauseribu.com, berjanji akan segera membersihkan sampah yang mengotori Pulau Pramuka. Bersama dengan perangkat RT dan RW setempat, warga dikerahkan melakukan aksi kebersihan awal pekan depan.
“Senin besok, kami akan bersihkan. Ini permasalahan kita bersama, pelaku wisata harus juga memiliki perhatian dan tidak boleh hanya memanfaatkan potensi wisatanya saja. Sementara permasalahannya di lihat sebelah mata,” tegas Fauzi.
sumber

OPINI
Keindahan itu tidak hanya dilihat dari luarnya saja, tetapi keindahan itu dapat dilihat dari sikap dan perilaku. Seperti studi kasus di atas, banyak orang yang membuang sampah sembarangan di Kepulauan Seribu. Hal ini menyebabkan ketidakindahan laut dan mengotori perairan Kepulauan Seribu. Dengan demikian para wisatawan tidak dapat menikmati kejernihan air laut di sejumlah pulau wisata di Kepulauan Seribu. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita dapat menerapkan dan menghimbau kepada masyarakat tentang kebersihan. Karena dengan kebersihan akan terciptanya keindahan.

0 komentar:

Posting Komentar