twitter



MATERI
Kepribadian Bangsa Timur

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri, makhluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan, makhluk yang berbudaya.

Kepribadian adalah keseluruhan cara dimana seorang individu breaksi dengan individu lain, kepribadian paling sering di deskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjuk oleh seorang.

Kepribadian bangsa timur:
Manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu sama lainnya, seperti pada belahan dunia bagian timur orang-orang bangsa timur ini adalah bangsa asia mereka memiliki kepribadian yang jauh berbeda dengan bangsa-bangsa lainnya, pada umumnya bangsa timur ini sangat ramah terhadap sesama, terlihat dari tutur kata berbicaranya memiliki sikap sopan santun dan tata krama yang sangat tinggi.

Saling gotong royong bersama, saling tolong menolong terhadap sesama umat manusia, dan saling menghargai satu sama lainnya, selain itu bangsa timur ini lebih mementingkan kehidupan rohani nya di bandingkan dengan bangsa barat karena bangsa barat pada umumnya lebih mementingkan diri nya sendiri, pikirannya logis dan terbuka.

Dalam hal berpakaian bangsa timur cendrung lebih sopan dan tertutup karena bangsa ini lebih mementingkan kehidupan rohani dan mereka mempunyai rasa malu yang cukup tinggi, namun bangsa barat cendrung terbuka dan blak-blakan di depan umum. Dan juga bangsa timur ini sangat melestarikan budaya masing-masing dan mempunyai adat istiadat yang di junjung tinggi.

Jadi kesimpulannya bangsa timur ini memiliki sikap yang jauh lebih baik dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain yang berada di belahan bumi lainnya.

STUDI KASUS
Sudah banyak warga negara asing yang menjadi warga negara Indonesia karena alasan keramahan bangsa Indonesia. Misalnya saja, pemain timas asal belanda “Irfan Bachdim” yang mengaku senang bisa ikut bergabung dalam tim kebanggaan rakyat Indonesia. Begitu juga dengan si “el-loco” Gonzales pemain naturalisasi asal Uruguay ini selain karena ia mempunyai istri yang berasal dari Indonesia tetapi di karenakan ia juga mengakui kalau Indonesia memang terkenal dengan keramahannya dan bersahabat seperti yang ia dapat saat berlatih bersama dengan pemain timnas asal Indonesia asli.

Tak hanya mereka, masih banyak lagi artis dari negara lain yang mencoba merasakan kehangatan di Indonesia meski tak sedikit juga artis Indonesia yang berada di negara lain. Tapi seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia patut merasa bangga menjadi rakyat dari negara yang terkenal dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” meski banyak budaya dan satu sama lain berbeda, bangsa Indonesia sudah cukup membuktikan dengan tetap bersatunya dalam kehangatan dan keramahan rakyatnya.

OPINI
Seharusnya kita sudah harus bangga kepada bangsa kita sendiri. Kita mempunyai kebudayaan tersendiri yang belum tentu dipunyai oleh bangsa lain.Dengan rasa bangga kita dapat menambah rasa cinta kita kepada bangsa kita, yaitu bangsa Indonesia. Kita sebaiknya tidak terlalu mengikuti kebudayaan barat dan kita sebaiknya perlu melestarikan kebudayaan bangsa kita sendiri. Agar kebudayaan kita tetap lestari, mari kita harus dapat menjaga dan melestarikan budaya kita dengan menerapkan kebudayaan kita mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar